MANFAAT ULAT BULU

Manfaat Ulat Bulu
=================






Ulat merupakan hewan yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan memiliki banyak jenis. Ada ulat bulu, ulat sagu, ulat  daun, dan masih banyak lagi. Jenis ulat yang paling banyak untuk konsumsi manusia adalah ulat sagu. Selain teksturnya lebih enak untuk dikonsumsi, ukurannya daging ulat sagu yang cukup besar juga menjadikannya sajian yang nikmat disantap.

Ulat sagu banyak ditemui di batang pohon sagu yang sudah busuk. Bahkan artis sekaligus pakar makanan, Bondan Winarno pernah membuat liputan tentang nikmatnya ulat sagu. Ulat sagu yang empuk dan memiliki citarasa yang unik tersebut membuat banyak orang ketagihan. Sayangnya, cara memperolehnya cukup susah. Terutama daerah perkotaan yang tak ditumbuhi  pohon sagu. Padahal, daging ulat sagu tak hanya lezat, melainkan juga memiliki beragam khasiat bagi tubuh.  Berikut ini kami sajikan manfaat daging ulat sagu untuk kesehatan tubuh manusia:









Undur-undur merupakan hewan yang tinggal di daerah berpasir dan berdebu. Sarang hewan ini berbentuk bundar dengan cekungan di tengahnya. Daging undur-undur ini biasa digunakan sebagai pakan burung karena dipercaya dapat membuat burung lebih cepat besar dan bersuara nyaring.

Sesuai namanya, hewan ini memiliki ciri khas berjalan mundur. Bentuknya kecil dan berwarna ke abuan. Di beberapa daerah, undur-undur memiliki nama yang berbeda seperti rot sorot atau undur gentong.




Meski tergolong hewan kecil dan sangat jarang dikonsumsi, daging undur-undur ternyata memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Daging undur-undur dipercaya mampu mengobati diabetes, asma, asam urat dan aneka penyakit lainnya. Adapun ulasan lengkap mengenai manfaat dan khasiat daging undur-undur untuk kesehatan antara lain :
1. Mengobati diabetes

Daging undur-undur dipercaya mampu mengobati diabetes karena mengandung zat sulfonylurea. Zat ini akan memperlancar kinerja pankreas dalam memproduksi insulin, yaitu zat yang berguna untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Di Tiongkok, daging undur-undur akan diolah menjadi serbuk dan dibungkus dalam kapsul. Undur-undur yang telah disterilkan dan diolah inilah yang berguna untuk mengatasi diabetes segala tipe.
2. Mengobati reumatik

Khasiat daging undur-undur lainnya adalah untuk mengobati reumatik. Hal ini dikarenakan undur-undur mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Perlu diketahui, reumatik merupakan penyakit yang timbul akibat sistem kekebalan tubuh menyerang area persendian sehingga tulang merasa ngilu, nyeri dan kaku.
3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi tergolong dalam penyakit yang cukup berbahaya karena dapat memicu jantung koroner dan juga stroke. Akan tetapi, Anda bisa menjaga tekanan darah dalam kondisi normal dengan cara menjaga pola makan serta segera mengkonsumsi daging undur-undur ketika tekanan darah beranjak naik.

Karena undur-undur memiliki sifat menurunkan tekanan darah, mengkonsumsi undur-undur sebagai obat tak disarankan bagi penderita tekanan darah rendah. jika memang ingin memanfaatkan hewan pemakan semut ini sebagai obat, penderita darah rendah hendaknya mengimbanginya dengan meminum air rebusan kacang hijau.
4. Mengobati asma

Asma merupakan penyakit sesak nafas yang disebabkan oleh pembengkakan paru dan penyempitan jalur nafas karena tersumbat lendir. Asma dapat kambuh sewaktu-waktu sehingga penyakit ini harus segera ditangani dengan tepat, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi undur-undur. Mengkonsumsi undur-undur dipercaya mampu mengatasi asma karena dapat mengatasi pembengkakan pada paru-paru sehingga memperkecil resiko kambuhnya penyakit asma.
5. Mengobati sakit kuning

Sakit kuning merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya penumpukan zat kuning atau bilirubin dalam darah. Asal mula bilirubin ini adalah dari sel darah merah yang terurai. Daging undur-undur dapat mengatasi sakit kuning karena mampu mencegah terurainya sel darah merah sehingga kadar bilirubin dalam darah akan terkontrol.
6. Menurunkan kada kolesterol

Selain disebabkan oleh makanan, tumpukan kolesterol jahat dalam darah juga bisa disebabkan oleh zat yang diproduksi oleh tubuh sendiri. Undur-undur dapat menurunkan kadar kolesterol karena mampu menekan produksi lipid oleh hati, yaitu zat yang menyebabkan lonjakan kolesterol dalam darah.
7. Mengobati stroke

Stroke merupakan penyakit yang timbul akibat tekanan darah terlalu tinggi sehingga pembuluh darah menjadi pecah. Undur-undur dapat mengatasi penyakit stroke karena kemampuannya menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan syaraf.
8. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Sama halnya dengan khasiat daging lainnya, daging undur-undur juga sangat kaya akan protein yang dapat digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh menguat, tubuh juga tidak akan mudah terserang penyakit.
9. Mengobati sakit kepala

Khasiat daging undur-undur lainnya yang sangat jarang diketahui adalah kemampuannya untuk mengobati sakit kepala. Mengkonsumsi undur-undur terbukti dapat mengatasi migrain, kepala terasa berat hingga pusing.
10. Menjaga kesehatan jantung

Karena mampu menurunkan darah dan juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah, daging undur-undur juga dapat meringankan kinerja jantung. Hasilnya, jantung tak perlu bekerja terlalu keras sehingga kesehatannya lebih terjaga.

Komentar